Langsung ke konten utama

PANGGILAN UNTUK KALIAN YANG TELAH MELAYANI DAN MENGAJARI KAMI



Mendapatkan pelayanan yang layak, itu adalah dambaan kita semua, kecuali bagi mereka yang tidak setuju. Kami tidak bercita-cita untuk berkuliah dikampus ini, karena kami tidak mengenal dengan baik kampus ini, bahkan absurt dalam pemikiran kami ketika itu, hingga kami pun tidak sadar, jika di daerah kaya ini, berdiri sebuah institusi pendidikan yang bernama Universitas Kutai Kartanegara yang telah dirintis  dan dirikan oleh para founding father, yang mencinta-cintakan anak-anak didiknya mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi dan membangun daerah ini.

Ketika kami masuk dikampus ini, kami tidak mengenal siapa-siapa yang akan  kami jumpai karena tidak ada yang kami ketahui, tidak ada yang kami kenal, kami hanya fokus dengan tujuan kami datang di kampus ini yaitu mencari informasi tentang perkuliahan karena dulu sangat minim informasi yang kami dapatkan tentang Unikarta, maklum kami anak kampung yang hijrah ke kota dan minim informasi ketika di kampung.

Beberapa tahun yang lalu, kami menjumpai pelayanan yang masih jauh dari kata puas, orangnya jutek-jutek, teman-teman saya menyebutnya “pemarahan” dan jauh dari kesan baik, waktu itu. Informasi yang kami dapatkan pun juga minim, orang yang melayani datang semaunya, pulang pun semaunya. Tapi mungkin itu lah nestapa pelayanan yang kami dapatkan saat itu, mudah-mudahan sekarang tidak lagi.

Dengan pergantian kepemimpinan kami punya harapan bahwa pelayanan yang nyaman, bahasa yang indah, dan penghargaan atas kami. Dapat kami peroleh dari perbaikan menejemen pelayanan yang berlaku di kampus ini. 

Kini Unikarta telah berusia 30 tahun, sudah seharusnya berbenah, menata sedikit demi sedikit benang kusut persoalan menejemen dikampus ini, hingga adik-adik kami yang baru, yang saat ini sedang melakukan pendaftaran mahasiswa baru, tidak lagi mendapatkan sistem pelayanan seperti kami dulu.

Menata sistem menejemen pelayanannya dengan baik dan matang, hingga kampus ini, semakin hari, semakin baik, semakin hari semakin elok dimata khalayak, yang akan jatuh cinta pada institusi ini.

Disiplin pegawai semakin meningkat, hingga kami akan segera terlayani. Pejabat dan karyawannya semakin fokus mengurusi Unikarta, hingga tidak ada lagi dwi fungsi kerja dan poligami tugas terhadap institusi ini. 

Sistem akademik pun demikian, kami berharap tidak ada lagi dosen yang mengganti waktu semau-maunya, dengan alasan yang menurut kami, tidak substansi karena bersifat individu “ ya karen pekerjaan di luar lah, jaga anak lah, keluar daerah lah dan lain sebagainya, menurut kami itu sangat tidak substansi dan cenderung menunjukan oragansi dosen kepada mahasiswa. Semoga itu segera teratasi dan tidak terjadi lagi, hingga tidak ada merasa dirugikan, akibat dari arogansi tersebut.

Hal lain juga adalah, kawan-kawan mahasiswa semakin matang secara pemikiran, matang dalam menganalisis persoalan dan menawarkan solusi pasti sebagai sumbangsi pemikiran ilmiah bagi institusi ini. Berani mengatakan sebenarnya demi semakin baiknya institusi ini.

Mari menyikapi ini secara substansial untuk menata sistem pelayanan non akademik maupun akademik di kampus tercinta ini, karena kami sadar,bahwa kampus ini, bukan tanggung jawab pejabat yang ada di kampus ini ataupun dibebankan kepada mereka yang telah dengan sungguh-sungguh mau mengabdi bagi institusi ini.

Kami hanya berdoa dan berkontribusu positif sesuai dengan peran kami sebagai mahasiswa yang mencintai dan mendambakan kemajuan di almamater kami ini. Kami siap untuk berkontribusi dibutuhkan ataupun tidak dibutuhkan oleh institusi ini, karena kami sadar kami juga harus bertanggung jawab atas tumbuh dan berkembangnya kampus ini dimasa yang akan datang. Tidak adil jika institusi ini hanya di bebankan kepada segelintir orang saja, sementara yang menikmati kampus ini adalah banyak orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pertanggung Jawaban Wisuda Unikarta Tanggal 18 Desember 2013

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN WISUDA SARJANA   DAN DIPLOMA UNIVERSITAS KUTAI KARTANEGARA 18 DESEMBER 2013   Oleh : PANITIA PELAKSANA WISUDA SARJANA DAN DIPLOMA (D3) UNIVERSITAS   KUTAI KARTANEGARA   UNIVERSITAS KUTAI KARTANEGARA TENGGARONG 2013   Wisuda sarjana dan diploma di Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) merupakan kegiatan rutinitas pada setiap tahun akademik yang sedang berjalan jika memenuhi persyaratan-persyaratan pelaksanaan wisuda.   Wisuda sarjana dan diploma merupakan bagian dari kegiatan rapat senat akademik yang dilaksanakan secara terbuka, yang intinya merupakan proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah selesai menempuh studi   di Unikarta. Acara wisuda sarjana dan diploma ini merupakan salah satu acara yang sangat penting ...

WISATA SEKSUAL PEKERJA TAMBANG DI LOKALISASI KAWASAN TAMBANG

WISATA SEKSUAL PEKERJA TAMBANG   DI LOKALISASI KAWASAN TAMBANG   Martain Abstract Kemunculan praktek prostitusi di kawasan tambang tentu saja bukanlah hal baru, praktek ini sudah berlangsung lama, hal ini tidak terlepas dari  kebutuhan dasariah  manusia terhadap seks . Di Indonesia  praktek ini sudah berlangsung sejak zaman kerajaan di Nusantara. Kemudian berlanjut pada zaman kolonial hingga saat ini. Praktek ini di masyarakat terjadi pro dan kontra. Bagi mereka yang pro akan menilai bahwa praktek ini baik, karena praktek ini dapat menjadi alternatif pilihan ketika libido seksual muncul. Namun bagi yang kontra menilai bahwa aktvitas penuh desah dan keringat ini, bertentangan dengan nilai moral dan agama yang berlaku di dalam masyarakat. Selain itu praktek prostitusi ini rentan pula terhadap terjadinya penyebaran penyakit kelamin, HIV/AIDS. Dalam praktek nya kegiatan ini, bisa berjalan secara mandiri  ataupun secara terorganisir. Fakt...

Peran Pemerintah dan Bisnis dalam Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja Para Pekerja

Oleh Martain Pendahuluan Kecelakaan kerja merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada pekerja di perusahaan. Masalah keselamatan dan kesehatan kerja (K3), secara umum di Indonesia masih sering terabaikan. Hal ini ditunjukan dengan masih tingginya angka kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja ini biasanya terjadi karena banyak faktor beberapa diantaranya adalah berasal dari pekerja itu sendiri dan lingkungan kerjanya di perusahaan. Berdasarkan data International Labour Organization (ILO) tahun 2013, 1 pekerja di dunia meninggal setiap 15 detik karena kecelakaan kerja dan 160 pekerja mengalami sakit akibat kerja, di tahun sebelumnya (2012) ILO mencatat angka kematian dikarenakan kecelakaan dan penyakit akibat kerja (PAK) sebanyak 2 juta kasus setiap tahun. Di Indonesia, setiap tujuh detik terjadi kasus kecelakaan kerja ( K3 masih dianggap remeh , Warta Ekonomi 2 Juni 2006). BPJS mencatat bahwa sepanjang tahun 2013 jumlah pesertanya yang mengalami kecelakaan...