Beberapa waktu yang lalu, ketika kita berbicara dan
memberikan pendapat tentang pelayanan yang berlangsung di BAAk dan BAUK, maka
pendapat yang muncul adalah image negative dari dua Biro ini. BAAK dan BAUK
sebagai tempat dengan sistem pelayanan yang tidak ramah, suka marah-marah dan
jauh dari kesan pelayanan yang baik. Menurut saya pelayanan yang baik adalah
pelayanan yang sesuai dengan keinginan konsumen atau pelanggan.
Jadi jika konsumen atau pelanggan merasakan adanya kepuasan
dari pelayanan yang kita berikan, maka pelayanan tersebut, dapat dikatakan
sebagai pelayanan yang baik, namun sebaliknya jika yang muncul adalah keluhan,
dan ketikdakpuasan dari pelanggan atau konsumen, maka pelayanan tersebut, dapat
dikatakan sebagai pelayanan yang buruk.
Dengan perubahan pimpinan dalam menejemen Rektorat, mampu untuk memberi angin segar
bagi perbaikan pelayanan di dua Biro ini.Dua Biro tersebut
merupakan jantung bagi keberlangsungan Unikarta, jika ke dua biro ini mengalami
hambatan, maka akan mempengaruhi bagian-bagian lainnya, dikarenakan ke dua biro ini
merupakan pusat kendali dari elemen-elemen lain di Unikarta, baik menyangkut akademik, kemahasiswaan, keuangan maupu dosen.
Sehingga penting kiranya untuk menjaga stabilitas pelayanan
yang baik di dua Biro ini. Menurut salah satu mahasiswa Unikarta, mengatakan kepada saya bahwa
dengan kepemimpinan yang baru ini, pelayanan di dua Biro ini, semakin membaik.
Sudah jauh dari kesan negative dan cenderung berbelit-belit.
“Sekarang luar biasa pelayanan di BAAK dan BAUK, dengan
pergantian kepemimpinan, pelayanan di dua biro ini, semakin membaik. Telah jauh
dari kesan galak, suka marah-marah tidak jelas dan berbelit belit, dan saya
sangat senang dengan pelayanan di BAAK dan BAUK sekarang ini”.
Ditambahkan oleh mahasiswa yang bersangkutan bahwa saat ini
baik di BAAk maupun di BAUK untuk melakukan pengambilan kwitansi registrasi, sks atau kwitansi lainnya maupun proses
registrasi di BAAK, kita tidak perlu antri panjang dan berdiri cukup lama, karena
karyawannya saat ini, dengan segera akan melayani, tanpa harus terus di
tunda-tunda.
“sekarang klo kita mau ambil kwitansi ataupun mau registrasi
ulang, kita tidak perlu antri yang panjan, hanya sebentar kita akan dilayani,
dan kami sangat senang dengan perubahan ini, semoga saja ini terus di lakukan,
sehingga mahasiswa/ I Unikarta tidak perlu mengeluh ataupun merasa tidak puas
dengan pelayanan yang diberikan di BAAK dan BAUK”.
Namun kritikan tajam di lontarkan kepada Pihak BANK Syariah
Mandiri (BSM), menurut mahasiswa yang bersangkutan, bahwa pelayanan di BSM itu
terlalu lama, sehingga menyebabkan mahasiswa/I yang akan melakukan proses
pembayaran melalui BSM itu menjadi jenuh dan menjengkelkan. Mahasiswa tersebut
sangat menyayangkan kurang responnya pihak menejemn BSM terhadap tingkat
kebutuhan layanan yang dibutuhkan oleh mahasiswa/i. Seharusnya mereka bisa
membaca berapa banyak mahasiswa yang akan dilayani setiap harinya, sehingga
dapat menghitung tingkat keidealan dari jumlah mahasiswa yang dilayani.
Sehingga bisa melakukan penambahan personil untuk memberikan pelayanan kepada
mahasiswa/i. Mahasiswa tersebut memberikan masukan kepada menejemen Rektorat
Unikarta untuk mengkaji ulang terkait kerjasama antara Unikarta dengan pihak
BSM Kutai Kartanegara, terkait dengan penggunaan jasa BSM sebagai Bank
Kemitraan dari Unikarta untuk melakukan proses pembayaran SKS, Registrasi,
Gedung maupun transfer gaji karyawan dan dosen Unikarta.
Komentar
Posting Komentar